DINAS PERTANIAN DAN PANGAN MERAIH JUARA HARAPAN 3 GELAR PELAYANAN PUBLIK KAB. MAGELANG 2018.


Created At : 2018-12-26 00:00:00 Oleh : WIDI DISTANPANGAN Artikel Dibaca : 508

Dalam Gelar Pelayanan Publik Kabupaten Magelang 2018, pada tanggal 5 Desember 2018 diumumkan bahwa Distan dan Pangan mendapat penghargaan Juara Harapan 3 untuk kategori SKPD non Kecamatan. Penghargaan disampaikan oleh Edi Wasono , Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Magelang. Hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan mengingat kriteria penilaian yang cukup ketat. Indikator penialan diantaranya adalah visi misi dinas, moto pelayanan, standar pelayanan, maklumat pelayanan,sarana prasarana serta mekanisme dan prosedur pelayanan. Selain itu juga terdapat penilaian yang berkenaan dengan penanganan pengaduan, ketersediaan sistem informasi pelayanan publik dan inovasi.

Distan dan Pangan sebagai SKPD unsur pelaksana  urusan di bidang pertanian memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Secara umum pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Distan dan Pangan terbagi menjadi dua yaitu pelayanan yang bersifat teknis dan administratif. Untuk pelayanan yang bersifat teknis dilaksanakan oleh penyuluh di tingkat kecamatan sebagai ujung tombak bagi Distan dan Pangan dalam melaksanakan pelayanan publik secara langsung di lapangan. Sedangkan untuk pelayanan administratif dilaksanakan di kantor Distan  dan Pangan oleh bidang-bidang yang menangani.

Diharapkan dengan penganugerahan ini, maka SKPD di lingkup Kabupaten Magelang semakin termotivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang memenuhi prinsip : Kepastian hukum, keterbukaan,partisipatif,akuntabilitas, kepentingan umum,profesionalisme, kesamaan hak dan keseimbangan hak. Untuk Juara pertama gelar pelayanan publik kategori SKPD non kecamatan ini diraih oleh Dinas Perhubungan, disusul Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah (BKPPD), RSUD Muntilan dan Dinas Lingkungan Hidup.

Gelar Juara Harapan 3 ini semestinya dapat menjadi motivasi bagi Distan dan Pangan untuk terus meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat puas akan pelayanan yang diberikan dan kemudahan-kemudahan dalam memperoleh pelayanan, baik pelayanan yang berkaitan dengan teknis langsung di lapangan maupun yang bersifat administratif. Melayani masyarakat dengan baik adalah merupakan tanggungjawab bagi semua instansi pemerintah. Dengan demikian maka setiap pegawai dalam instansi pemerintah harus melayani masyarakat dan mempelajari cara meningkatkan keterampilan untuk melayani. Di dalam keterampilan melayani, termasuk pula di dalamnya adalah penguasaan terhadap pengetahuan jasa layanan yang diberikan, karena hal ini akan menunjukan kepada masyarakat bahwa pegawai dalam instansi pemerintah tersebut adalah seorang profesional di bidang Manajemen Pelayanan Publik.

 

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara