PASAR TANI, SEBUAH UPAYA UNTUK MENDEKATKAN PRODUSEN DENGAN KONSUMEN


Created At : 2017-04-04 02:14:19 Oleh : B. Ananto Kasworo Berita Terkini Dibaca : 713

Kerinduan untuk mewujudkan ruang transaksi bisnis antara petani sebagai produsen, yang notabene menghasilkan berbagai macam produk pertanian maupun olahan kepada para konsumen, melatarbelakangi KTNA Kab. Magelang dengan dukungan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Magelang mencetuskan pasar tani.  Pasar Tani di Kabupaten Magelang dilaksanakan di Taman Anggrek Mendut Borobudur mulai pada hari Jum’at tanggal 24 Februari 2017 pukul 07.00 WIB.  Dan untuk selanjutnya pasar tani  diselenggarakan setiap hari Jum’at. Dipilihnya hari jumat karena hari tersebut PNS banyak yang melakukan olehraga taupun jalan sehat di sekitar alun-alun drh. Soepardi, yang berdekatan dengan lokasi pasar tani.Konsep awal pasar tani adalah untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pasar khususnya PNS dan masyarakat sekitar lokasi.


Pasar Tani menghadirkan hasil bumi yang diantaranya ialah komoditi sayur mayur, buah-buahan serta palawija yang dirasakan sangat segar dan berkualitas karena dihasilkan oleh langsung para petani.Pasar tani yang digawangi oleh KTNA Kab. Magelang lebih mengutamakan harga yang lebih rendah dari pasar tradisional dan produk yang lebih segar. Mengapa produk yang dijual lebih segar (fresh) namun harganya bisa lebih murah, hal ini dikarenakan produk-produk yang dijual langsung berasal dari petani dan tanpa melalui pedagang sebagai perantara. Konsepnya adalah membagi margin yang biasanya terjadi dalam proses pemasaran yang menjadi milik pedagang, menjadi keuntungan dan potongan harga bagi konsumen. Dengan menampilkan produk yang lebih segar dan harga yang responsif diharapkan mampu menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Walaupun produk dipajang dengan harga yang lebih murah dari pasar tradisional tapi toh konsumen tetap akan menawar.
 
Dan diharapkan pasar tani benar-benar menjadi medan pertempuran antara petani sebagai produsen dan konsumen akhir. Apabila keadaan ini berjalan, tentunya akan meningkatkan pendapatan petani dan konsumen akan mendapatkan harga yang terjangkau. Selain untuk mengurangi margin pemasaran, diharapkan pasar tani juga dapat untuk memperkenalkan produk maupun olahan baru kepada konsumen. Dengan pasar tani, petani dapat menjelaskan secara detail produk pertanian mereka yang baru kepada konsumen seperti manfaat, cara budidaya, cara pengolahan yang benar sehingga konsumen benar-benar yakin produk yang akan mereka konsumsi sehat dan halal dan apada akhirnya akan terjadi hubungan yang saling percaya atau bisa dikatakan mesra. Dengan pasar tani, petani juga mengetahui produk maupun olahan pertanian yang dibutuhkan oleh konsumen.
Melihat pentingnya pasar tani, diharapkan jadi agenda rutin mingguan atau bulanan karena kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi para petani khususnya. Namun eksistensi dan kontuinitas pasar tani sangatlah membutuhkan dukungan dan peran instansi pembina maupun keseriusan petani/KTNA itu sendiri. Jadi, monggo setiap hari Jum’at kita berbondong-bondong menuju pasar tani sebagai salah satu wujud dukungan kita.


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara