MENGANGKAT NANAS BOROBUDUR


Created At : 2018-01-17 00:00:00 Oleh : ZAENAL QORI PENYULUH PERTANIAN BPP BOROBUDUR Berita Terkini Dibaca : 963


Borobudur merupakan magnet yang sangat kuat bagi wisatawan asing maupun domestik. Jumlah wisatawan mencapai angka 1 juta pertahun. Kunjungan wisatawan merupakan potensi ekonomi yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani kita. Sektor wisata saat ini sedang menggeliat di Kecamatan Borobudur. Berbagai objek wisata bermunculan dan mendapat kunjungan dari wisatawan domestik.

Sektor pertanian menyambut moment ini dengan baik, Paguyuban KTNA Kecamatan Borobudur  yang diketuai oleh Moh Anwari berinisiatif berpartisipasi dalam Borobudur Cultural Feast 2017 yang dilaksanakan pada 30 s.d. 31 Desember 2017, menampilkan produk dari petani Borobudur. Pameran merupakan upaya untuk memperkenalkan komoditas  kepada publik, Pengenalan produk adalah unsur penting dari pemasaran, merupakan bagian dari iklan kepada calon konsumen. Pengurus KTNA memanfaatkan peluang baik ini, masa pergantian tahun membuat kunjungan wisatawan membludak.

Pada pameran ini KTNA menampilkan Kopi Rempah dari Desa Majaksingi, Nanas dari Desa Kembanglimus Coklat dari Desa Bigaran, Jahe instan dari Desa Borobudur. Berbagai produk ini telah diproduksi atau dibudayakan namun belum dikenal secara luas.

Ada hal yang menarik saat pameran ini, ternyata Nanas mendapat perhatian lebih dari pengunjung pameran. Ayu Dyah Pasha aktris pemain sinetron terkenal berkenan untuk difoto sambil memegang buah Nanas produk Petani Borobudur yang dikenal sebagai Nanas Benggolo. Beliau juga memberikan pernyataan bahwa beliau bersedia mempromosikan Nanas Benggolo. Nanas Benggolo dibudayakan di Dusun Bumen Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur.

Saat Ayu Dyah Pasha seorang public figure bersedia berfoto sembari memegang Nanas Benggolo menjadi titik awal sekaligus upaya strategis untuk mengangkat citra komoditas Nanas Benggolo, kita berharap produk petani dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga petani juga dapat mendapatkan efek positif dari semaraknya sektor wisata di Kecamatan Borobudur. Kami yakin bahwa KTNA tidak akan berhenti di sini. Upaya peningkatan pemasaran akan terus dilakukan lewat berbagai macam event, juga peningkatan kualitas dan mutu produk.


Upaya yang dilakukan oleh KTNA Kecamatan Borobudur untuk mengangkat produk produk unggulan layak diberikan apresiasi setinggi-tinginya. 


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara