GERAKAN PENGENDALIAN HAMA TIKUS


Created At : 2021-12-17 00:00:00 Oleh : Ari Fitria Sari, S.TP (Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Tempuran) Informasi Publik Dibaca : 315

Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat penting dikarenakan semua masyarakat Indonesia memerlukan pangan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, desa Jogomulyo yang merupakan salah satu desa penghasil padi di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang pada musim tanam ini terserang hama tikus berupaya untuk mengendalikannya.

Hama tikus menyerang pertanaman padi bisa dari awal sampai dengan akhir. Sehingga memerlukan pengendalian yang berbeda menurut usia tanaman padi. Kegiatan gerakan pengendalian hama tikus pada tanggal 10 Desember 2021 yang dilaksanakan di kelompok tani Sumber Makmur, dusun Krambetan, desa Jogomulyo, kecamatan Tempuran merupakan kegiatan yang mendapatkan bantuan bahan pengendalian dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang.



 

Persiapan bahan pengendalian

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kelompok tani bersama dengan petugas POPT dan penyuluh serta didukung oleh Kepala Dusun Krambetan, Desa Jogomulyo. Pada kegiatan ini, petani mendapatkan bantuan alat dan bahan pengendalian hama tikus berupa umpan dengan merek petrokum dan emposan atau pengasapan dengan merek basmikus. Alat dan bahan pengendalian ada dua macam dikarenakan perbedaan umur tanaman padi di hamparan sawah. Umpan digunakan untuk pada saat bera atau awal tanam. Sedangkan emposan atau pengasapan digunakan untuk tanaman padi pada stadium generatif.


 

Pelaksanaan pengemposan oleh para petani

 

Kegiatan dimulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 10.00 WIB dengan luas pengendalian 10 Ha, luas serangan 1 Ha, dan luas waspada 5 Ha.

Kegiatan pengendalian hama tikus tidak bisa dilaksanakan hanya sekali, tetapi harus dilakukan terus menerus dan berkelanjutan. Hal ini disebabkan seperti yang sudah disebutkan diatas karena tikus bisa menyerang pertanaman padi dari awal hingga akhir.

Semoga dengan kegiatan gerakan pengendalian hama tikus ini, pertanaman padi akan aman dan memberikan hasil yang berlimpah.

 

Penulis : Ari Fitria Sari, S.TP (Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Tempuran

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara